Kegiatan Posbindu di Desa Giling

  • Aug 28, 2023
  • GILING-GUNUNGWUNGKAL
  • KEGIATAN, KESEHATAN

Posbindu (Pos Pelayanan Terpadu) adalah sebuah program pelayanan kesehatan terpadu yang diterapkan di Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih mudah diakses oleh masyarakat, terutama dalam hal deteksi dini penyakit dan promosi kesehatan. Posbindu biasanya dilaksanakan di tingkat desa atau kelurahan, dan melibatkan berbagai jenis pelayanan kesehatan.
Tujuan utama dari program Posbindu adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Dengan adanya Posbindu, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah memantau kesehatan mereka secara berkala, sehingga masalah kesehatan dapat diidentifikasi lebih awal dan tindakan pencegahan atau pengobatan dapat dilakukan dengan lebih tepat.
Kegiatan Posbindu di Desa Giling pada bulan Agustus dilaksanakan pada minggu ke-4 yaitu pada hari Senin, 28 Agustus 2023. Kegiatan ini dilakasanakan oleh bidan setempat dan dibantu oleh mahasiswa KKN Universitas Muria Kudus. Pada kegiatan Posbindu berbagai jenis pelayanan kesehatan, seperti pemeriksaan kesehatan mulai dari pengecekkan tinggi badan, berat badan, lingkar perut, tekanan darah, gula darah, kolestrol, asam urat, dan konsultasi kesehatan.
Setelah pelaksanaan pengecekkan kesehatan, kegiatan yang dilakukan selanjutnya yaitu senam lansia bersama yang diikuti oleh masyarakat lansia Desa Giling.